Festival Gunung Salak Fokus ke Pertanian

CIAMPEA – Perhatian Institut For Global Justice (IFGJ) cukup tinggi pada pembangunan di wilayah Bogor Barat. Lembaga swadaya masyarakat (LSM) pertanian ini mengadakan festival Gunung Salak 2008 di Desa Cihideung Udik Kecamatan Ciampea.

Festival ini berlangsung tiga hari mulai kemarin (16/10) hingga Sabtu (18/10). Sedangkan pemilihan tempat Cihidengudik karena  desa  ini masih sangat minim hasil pertanian dan pemanfaatan lahan pertaniannya.

“Setelah kami melakukan survey dan kajian di kaki Gunung Salak Endah, Cihideung Udik merupakan desa paling tepat untuk mengadakan acara ini. Karena, inti dari acara ini untuk memberikan pemahaman pada masyarakat tentang pertanian dan pemanfaatannya,” kata Ketua Panitia dari IFGJ Revitriyoso Husodo, kemarin.

Menurutnya, sumber air yang ada di daerah tersebut sudah mulai berkurang. Sehingga, ia bersama pihak terkait dan masyarakat berusaha mencari solusi permasalahan itu.

Lalu, kenapa dinamakan festival Gunung Salak? ”Kondisi Gunung yang memiliki dua puncak ini sudah mengalami kerusakan yang cukup parah. Sehingga, dengan adanya festival ini, masyarakat terpanggil untuk merehab dan menjaga gunung ini,” kata Revitriyoso.

Selain, kegiatan festival yang melibatkan seluruh lembaga yang peduli dengan lingkungan ini sekaligus memperingati hari pangan sedunia yang jatuh 16 Oktober. Apalagi,  Indosesia terancam kerisis ekonomi akibat krisis global.

“Dari kajian yang kita lakukan, Indonesia trancam krisis ekonomi akibat krisis ekonomi global. Pada 2009 mendatang, krisis berlanjut karena adanya pengeluaran anggaran pemerintah yang semakain membengkak,” lanjutnya.

Pada festival ini, panitia mengadakan berbagai macam kegiatan,  antara lain arak-arakan gunung yang menceritakan antar dua sember energi yaitu air dan api. Sinden Gunung lomba seni tradisional sunda tingkat SD.(dkw)

(Redaksi)

Sumber: Radar Bogor, 17 Oktober 2008

One thought on “Festival Gunung Salak Fokus ke Pertanian

  1. Festival Gunung Salak 2010 « Bumi Bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s